h1

Back Up Registry Anda…

11 November 2008

Maraknya peredaran virus membuat kita H2C (harap-harap cemas).
Apalagi virus lokal yang sekarang bak rambutan di musim rambutan. (??weleh)
Namun banyak juga antivirus yang digunakan untuk membasmi virus2 lokal ini.
Tapi sekarang banyak kejadiaannya virus baru keluar tapi antivirus tidak siap alias belum di update.
Sehingga kita harus rajin2 meng-update antivirus kita.
Dan tentunya update ini juga memakan biaya dan waktu.
Jika tidak di update antivirus bekerja kurang efektif.
Seperti seperti kejadian yang saya alami.
Menggunakan anti virus yang benar2 jadul (belum di update).
Akibatnya seluruh program exe saya dibaca virus.


Masak winamp.exe, winword.exe, dll dibaca sebagai virus.
Waduh… (trauma nich)

Namun melihat kebanyakan virus lokal yang rata2 bermain dengan registry.
Seperti nggak bisa buka task manager, folder option, command prompt, restart teru-menerus, dll.
Untuk melakukan pencegahan kita dapat menggembalikan setting registry secara manual.
Namun alangkah lebih baiknya jika saat komputer kita normal belum terkena virus.
Kita backup seluruh registry.
Caranya adalah :
– Klik start, Masuk run..
– Ketik regedit, kemudian enter..
– Setelah cendela registry editor terbuka klik file kemudian export..
– Pilih folder dan isikan nama file kemudian save..
– Selesai dech..
Untuk membuka backup-an dapat langsung dilakukan dengan mengklik 2 kali pada file backup-an kita.
Cara ini cuman efektif untuk virus yang menyerang registry.
Tidak efektif untuk virus yang dah kelas kakap.
Alangkah lebih baiknya gunakan antivirus yang telah teruji dan terpercaya yang telah di update….

2 komentar

  1. haa… sama juga boong.

    kalo file extensi .exe memang bisa disusupi worm / virus. jadi jangan heran kalo anti virus langsung warning terhadap file executable tersebut.

    tipical virus da yang nyusup ke NTUSER.INI jadi walaupun DisabledTasmgr / DisabledRegistryEditor di set 0, karena dia berjalan realtime diset kembali deh jadi 1.

    Ini fakta.. kemaren baru kena. di AVG detectnya virus polio.A dan apalagi ya gw lupa ..
    Kemungkinan ini virus luar.. di test PCMAV gak mempan, trus bisa nlusup ke account administrator.. gile..gile padahal gw pake account biasa non adminstrator privileges n OS gw Win Y2K3. kebiasaan virus local dia gak sampe nelusup ke file paling cuma ngehidden dan ngegandaain file.

    Kalo Ente pake XP coba pake AV AVG dicombine ma NOD32.


  2. @Max Biagi

    Ooo gitu yach..

    Kalo menurut sayah backup hanya pencegahan.. (Lebih baik mencegah drpd mengobati)🙂
    Kan prosesnya dilakukan di awal, sesudah instalasi..(Semua program masih perawan)
    Kalo virus terlanjur menyerang registry bisa juga pake Registry Doctor..😀

    Thx for komen Bro..



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: